Contoh Artikel - Definisi dan Cara Penulisan Artikel



Contoh Artikel

Melalui kesempatan ini admin mencoba memberikan sedikit pembahasan mengenani pengertian atau definisi Artikel dan kumpulan contoh artikel memang akan menjadi postingan yang dimana tentunya disediakan buat anda semua yang membutuhkan untuk berbagai jenis atau kumpulan contoh artikel sebagai acuan dalam memahami cara penulisan artikel itu sendiri.Sementara banyak mungkin yang masih keliru dalam memahami pengertian dari kata artikel itu sendiri,dan secara singkat admin coba akan menyediakan penjelasan mengenai Definisi Artikel sebenarnya.

Artikle adalah merupakan karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran,wbsite,blog, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.sementara isi artikel itu sendiri tergantung sungguh pada apa yang mau diberitakan.Seperti halnya contoh makalah,maka penulisan Artikel itu sendiri dilakukan oleh orang atau individu yang bertindak dalam pengarangan sebuah tulisan, penggabungan beberapa kata menjadi kalimat yang menarik dan enak dibaca sehingga membuat pembaca merasakan dapat mengetahui apa yang sebelumnya tidak mereka ketahui sebelumnya.

Berikut adalah semua terbaru untuk informasi jenis dan cara penulisan Artikel :

Jenis dan Cara Penulisan Artikel


* Deskripsi
Karangan ini berisi gambaran mengenai suatu hal/ keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal tersebut.
# Deskripsi berisi fakta..,dan
# Deskripsi berupa fiksi:

* Narasi
Secara sederhana narasi dikenal sebagai cerita. Pada narasi terdapat peristiwa atau kejadian dalam satu urutan waktu. Di dalam kejadian itu ada pula tokoh yang menghadapi suatu konflik. Narasi dapat berisi fakta atau fiksi.
# Contoh narasi yang berisi fakta: biografi, autobiografi, atau kisah pengalaman.
# Contoh narasi yang berupa fiksi: novel, cerpen, cerbung, ataupun cergam.

* Pola narasi secara sederhana:
    # awal – tengah – akhir
    - Awal narasi biasanya berisi pengantar yaitu memperkenalkan suasana dan tokoh.
    Bagian awal harus dibuat menarik agar dapat mengikat pembaca.
    - Bagian tengah merupakan bagian yang memunculkan suatu konflik. Konflik lalu diarahkan menuju klimaks cerita. Setelah konfik timbul dan mencapai klimaks, secara berangsur-angsur cerita akan mereda.
    - Akhir cerita yang mereda ini memiliki cara pengungkapan bermacam-macam. Ada yang menceritakannya dengan panjang, ada yang singkat, ada pula yang berusaha menggantungkan akhir cerita dengan mempersilakan pembaca untuk menebaknya sendiri.

* Eksposisi
Karangan ini berisi uraian atau penjelasan tentang suatu topik dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan bagi pembaca. Untuk memperjelas uraian, dapat dilengkapi dengan grafik, gambar atau statistik.

* 'Argumentasi'

Karangan ini bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat/ kesimpulan dengan data/ fakta sebagai alasan/ bukti. Dalam argumentasi pengarang mengharapkan pembenaran pendapatnya dari pembaca. Adanya unsur opini dan data, juga fakta atau alasan sebagai penyokong opini tersebut. 

* Persuasi
Karangan ini bertujuan mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu. Dalam persuasi pengarang mengharapkan adanya sikap motorik berupa motorik berupa perbuatan yang dilakukan oleh pembaca sesuai dengan yang dianjurkan penulis dalam karangannya.


Nah..,sobat ..,semoga dengan uraian penjelasan dari Definisi Artikel dan Cara Penulisan Artikel yang diberikan diatas dapat memberikan manfaat bagi semuanya.


Contoh Artikel - Definisi dan Cara Penulisan Artikel 9out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Comments :

0 komentar to “Contoh Artikel - Definisi dan Cara Penulisan Artikel”

Posting Komentar

Semua Terbaru

Advertise Hari Ini

Alexa Rank

 
Contoh Artikel - Definisi dan Cara Penulisan Artikel - Semua Terbaru | Simak Saja Disini
Blogger Template by Blogger Mbojo Share In Premium Wordpress Themes and Blogger Template|Support Berita Online Pilihan | Host In Blogger.com
Top Personal blogs-Personal Blogs-ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers-Top  blogs